HomeKesiswaanOSIS & PRAMUKABeritaPELANTIKAN PENEGAK LAKSANA MAN LASEM PERIODE 2014/2015

PELANTIKAN PENEGAK LAKSANA MAN LASEM PERIODE 2014/2015

Pelantikan Penegak Laksana MAN Lasem dilaksanakan pada tanggal 12-14 Juni 2015 dengan jumlah peserta 67 anak. Hari pertama jum’at tanggal 12 Juni semua peserta yang mengikuti pelantikan penegak laksana berkumpul di lapangan depan,untuk melakukan persiapan upacara pembuka’an pada jum’at pagi pukul 07.00_08.00 WIB. Pukul 08.00 WIB upacara pembuka’an dimulai dan dibuka oleh bapak Ronji selaku waka kesiswaan,Setelah upacara pembuka’an selesai kakak dewan ambalan mengecek semua perlengkapan yang dibawa oleh peserta. Dompet dan Hp semua peserta di kumpulkan,kemudian peserta diberi amanat untuk menjaga sebutir telur yang ada stamplenya selama perjalanan. Kemudian pada pukul 09.00 semua peserta diberangkatkan secara acak dari sangga 1-5 PI dan sangga 1 PA, menuju ke pemberhentian pertama yaitu di Ds.Kalitengah kec.Pancur.

Perjalanan dimulai dari MAN Lasem ke perempatan MI ANNASRIYAH lurus ke rondan gandeng belok kekanan kemudian sampai di cap jago perjalanan ke jalan raya belok kekiri sampai di Ds.Pasar duwur ada perempatan belok kekiri menuju jurusan Ds.Waru gunung.Lurus terus ada pertigaan kedua belok kanan,lalu pesera mengikuti jalan yang mengelilingi pemakaman cina, dan sampai dijalan raya belok kekiri  lurus sampai diparkiran truk belok kekiri ada jalan yang menuju Ds.Tengger,setelah itu lurus sampai perempatan antara desa Tengger dengan desa wuwur,perempatan itu lurus terus dan ada perempatan lagi belok kekanan. Nah sampai disinilah peserta mulai kehabisan minum,kebetulan banyak warga disepanjang jalan ini yang melihat dan antusias bertanya kepada peserta,serta menawarkan peserta untuk minum dan berhenti sejenak. Dan ada beberapa sangga yang berhenti.

Semua peserta sampai dipemberhentian pertama pukul 12.00 WIB.Setelah semua peserta sampai kemudian ishoma. Peserta PA langsung menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat jum’at,sedangkan peserta PI istirahat ditempat yang sudah disediakan panitia.Peserta yang membawa bekal langsung dimakan bersama-sama. Setelah itu,pukul 13.00 WIB waktu istirahat selesai.Dan di lanjutkan kembali perjalanan menuju kepemberhentian ke 2 yaitu di Ds. Sambong kec.Sedan. Perjalanan yang diawali sangga PI lalu dilanjutkan sangga PA. Di setiap perjalan ada pos yang akan memberhentikan mereka, dari pos 1 yang berada di lapangan sebelahnya SMPN 02 PANCUR.Dan pos 2 di pos Perhutani Ds.Kumbo,peserta diberangkatkan dari start masjid ds kalitengah kemudian belok kekanan melewati Ds.Sidowayah kec.Pancur  lurus melewati Ds.Kumbo dan Ds.Dadapan,Lalu menuju ke Ds.Sambong.

Peserta sampai dipemberhentian ke2 yaitu TPQ Ds.Sambong kec.Sedan pukul 17.00WIB, kemudian semua peserta ishoma dan mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya.Pukul 17.35 WIB semua peserta dan panitia mempersiapkan diri untuk sholat maghrib berjama’ah, kemudian dilanjutkan tahlil bersama sampai selesai dan sekaligus sholat isyak berjama’ah. setelah sampai pukul 20.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan jelajah malam,yang di isi dengan 4 pos yaitu pos kepemimpinan,pos diskusi,pos keagamaan,pos Game, ditambah setiap pos juga mengujikan SKU. Selang satu jam kemudian,melihat kondisi peserta yang sudah terlalu kelelahan,dan banyak yang sakit kurang lebih 20 peserta,akhirnya kegiatan terpaksa diberhentikan pukul 21.00 WIB, yang seharusnya kegiatan selelsai jam 22.00 WIB. Dan semua peserta langsung istirahat didalam TPQ.

Sabtu tanggal 13 pukul 03.00 WIB semua peserta dibangunkan untuk melakukan sholat malam dan mempersiapkan diri untuk sholat subuh. Selanjutnya pukul 05.00 WIB semua peserta sudah siap dilapangan bersama kaka dewan untuk olahraga pagi dilanjut dengan kegiatan ujian SKU samapi jam 05.30 WIB dan dilanjut kegiatan kerja bakti disekitar lapangan dan TPQ. Setelah selesai, semua peserta sarapan sarapan pagi dan pripare untuk melanjutkan perjalanan lagi.

Pukul 07.00 WIB  semua peserta sudah siap dilapangan untuk dibrangkatkan menuju ke camp2 yaitu pantai Ds.Balungmulyo. Sebelum berangkat kakak dewan mengecek semua perlengkapan peserta. Setelah semua selesai,peserta siap diberangkatkan. Perjalanan dari lapangan menuju ke gandri melewati jalan raya, kemudian menuju ke Pandangan kec. Kragan tepatnya di MA NAHJATUS SHOLIHIN belok kekanan melewati Ds.Plawangan, kemudian lurus sampai menemukan pertigaan yang terdapat bendara tunas kelapa,jika sudah sampai belok kekiri, dan sampai di pantai Ds.Balungmulyo pada pukul 12.00 WIB. kemudian semua peserta melakukan pengecekan personil dan perlengkapan. Setelah selesai peserta langsung mendirikan tenda dilapangan dekat pantai dan dilanjut dengan ishoma sampai jamm14.00 WIB. Kegiatan selanjutnya yaitu bhakti lingkungan disekitar lapangan buper dan sekitar area pantai. Kegiatan ini berlangsungdari jam 14.00_15.30 WIB. Setelah itu dilanjutkan kegiatan temu tokoh dengan masyarakat sekitar Ds.Balungmulyo,pesrta persangga ada 2/3 yang dibuper untuk memasak,dan yang lain kegiatan temu tokoh, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejarah asal-usul desa tersebut,dan pukul 17.00 WIB semua peserta harus sudah selesai. Kegiatan ini tidak hanya mendapatkan informasi sejarah saja,akan tetapi kegiatan ini juga dapat menjadikan peserta lebih berani terjun dimasyarakat dan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.Ternyata masyarakatnyapun menyambut dengan antusias dan pesertapun menjadi lebih semangat.

Berdasarkan hasil peserta setelah kegiatan terebut,sekilas sejarah Ds.balungmulyo.Dulu ada seorang suami istri yang bernama mbah noyo dan mbah ireng,yang ingin membangun desa sangat luas. Mbah ireng yang selalu memakai baju hitam dan suka membakar-bakar. Saat membakar ia mengibaskan selendang diatas api,dan wilayah yang dijatuhi abu dari pembakaran itu menjadi wilayah desa Balungmulyo. Sampai  sekarang warga Balungmulyotidak boleh memakai baju serba hitam dan itu sudah adatnya. Sebelumnya nama Balungmulyo ini yaitu Balung yang berarti daratan atau lembah,dan mulya berarti mulia. Menurut b.jawanya Balungmulyo iyu mbongko,yaitu obong-obong sing direko.Sehingga menjadi desa dengan penduduk yang membuat berbagai macam priuk(dandang,kukusan,dll) atau gerabah yang terbuat dari tanah liat. Disana ada punden yang berwarna putih dekat dengan buper  yang dulu ditempati mbah noyo dan mbah ireng. Sebelumnya ada kakak dewan seksi konsumsi dan perlengkapan yang menaruh semua perlengkapannya dipunden itu,dan akan memasak disitu juga. Mereka yang belum mengetahui dibalik tempat itu,kompornya saat dinyalakan tidak pernah berhasil,lalu mereka ketakutan,dan segera pindah,setelah dicoba kembali ternyata bisa.Dan baru mereka sadari bahwa tempat itu berpenghuni. Disana juga ada pohon yang besar yang tidak pernah ditebang sampai sekarang. Dulu ada yang menebang tetapi keluar darah. Sehingga sanpai sekarang warga tidak berani menebangnya. Itu beberapa yang sangat bersejarah. Dan masih banyak lagi. 

Kegiatan selanjutnya setelah peserta selesai temu tokoh langsung ishoma dari pukul 17.00_20.00 WIB,sholat maghrib berjama’ah dan tahlil bersama,dilanjutkan sholat isyak. Kemudian setelah selesai pukul 20.00_22.00 WIB dilanjut dengan kegiatan bincang-bincang bersama Pembina,Kakak Alumni, dan Pemangku Adat sampai selesai, dan setelah itu langsung dilanjutkan kegiatan jelajah malam yang diisi Pos Keagamaan,Pos PBB,dan Pos Pengambilan TKU Laksana, sampai pukul 00.30 WIB. Di Pos Pengambilan TKU peserta ditutup matanya dengan hasduk dan 2 anak bergandengan dengan salah satu kakinya diikat sehingga menjadi 1,dan ketua sangga tidak ditutup dan tidak diikat,karena ia sebagai penunjuk arah untuk temannya yang mencari TKU,tetapi dengan ketentuan jarak yang telah ditentukan oleh kakak yang ada di Pos itu. Setelah selesai semua peserta istirahat sampai pukul 01.30 WIB. Kemudian dibangunkan untuk melanjutkan kegiatan renungan malam,yang diisi oleh satu kakak Alumni,2 kakak Pemangku adat dan 1 kakak Dewan ambalan.Setelah selesai, pukul 03.00 WIB semua pesrta langsung melakukan persiapan sholat malam dan persiapan untuk sholat subuh.

Minggu tanggal 14 juni pukul 05.00 WIB semua peserta sudah siap menggunakan kaos olahraga untuk melakukan olahraga. Semua peserta berkumpul dilapangan dan melakukan pemanasan,setelah itu joging ditepi pantai. Pukul 05.30 WIB peserta kembali ke buper,kemudian dilanjut dengan sarapan pagi.Setelah itu peserta dikumpulkan dilapangan untuk melanjutkan kegiatan outbond dan ditambah pengambilan TKU.Sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan peserta dan sebagian kakak dewan ambalan melakukan bersih-bersih area buper.Setelah selesai pukul 07.00 peserta di berangkatkan ke area outbond yaitu pinggir pantai secara bergantian persangga.Kegiatan outbon ini sangat menyenangkan apalagi pagi hari.Sampai di pantai peserta di pos pertama laporan dan setelah itu dilanjutkan ke pos yang lain dengan ketentuan yang diberikan kakak yang memegang pos pertama. Ada yang jongkok dengan tangan dipundak teman dan tidak boleh terlepas sambil bernyanyi dan ada yang merayap,ada pos halang rintang juga dan terakhir mengambil TKU yang dipegang oleh kakak Alumni dan Pemangku adat.

Setelah kegiatan itu selesai peserta kembali ke buper dan berganti memakai pramuka lengkap untuk persiapan upacara pelantikan.Pukul 09.00 WIB peserta kembali ke pantai,dan sudah memakai pramuka lengkap.Karena upacara pelantikan akan segera dimulai. Upacara pelantikan diisi oleh kakak pembina yaitu Khoirul anam selaku pembina pramuka MAN Lasem.Dan perwakilan peserta Pa dan PI untuk dilantik.Upacara berlangsung sangat mengesankan,2 peserta yang diwakilkan untuk dilantik,di sematkan TKU laksana lalu disiram dengan air yang telah disediakan.Pukul 10.00 WIB upacara pelantikan selesai dilanjutan sayonara dengan berfoto bersama. Setelah itu kembali ke buper untuk persiapan pulang. Peserta di pulangkan dari Ds.Balungmulyo ke MAN Lasem dengan naik truk. 

SELESAI

 

Last modified on Thursday, 25 June 2015 22:01
Rate this item
(0 votes)
Leave a comment

BERITA TERBARU