HomeProfilVisi & MisiBeritaMAN Lasem Juara Lomba Dayung

Profile Madrasah

MAN Lasem Juara Lomba Dayung

Rembang Minggu pagi biasanya Rawa Setra yang terletak dijalan Rembang-Pamotan biasanya tidak begitu ramai tapi berbeda dengan biasanya minggu kemarin (18/8) ribuan warga Rembang mengelilingi embung yang menjadi andalan pertanian penduduk Sridadi dan sekitarnya itu. Mereka terlihat antusias untuk melihat lomba dayung yang diselenggarakan pertama kali di Kabupaten Rembang.

 

Sebanyak 22 tim dari berbagai intansi berlaga untuk memperebutkan Piala Bupati Rembang “Dragon Boat Race Bupati Cup 2013” yang diselenggarakan oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Rembang melalui PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Cabang Rembang dalam rangka memperingati HUT Proklamasi ke-68 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Rembang.

Bupati Rembang H. Moch Salim dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Supraja SH mengatakan potensi sumberdaya air di Kabupaten Rembang bisa diberdayakan untuk berbagai hal antara lain selain pertanian dan sumber air baku juga dapat digunakan untuk wisata air dan sarana olah raga.

“Ajang lomba dayung ini untuk mecari bibit-bibit baru lomba dayung dan memacu semangat pemuda untuk terus berprestasi,” ujarnya.

Ketua Panitia Lomba yang juga merupakan ketua PODSI Rembang Drs Heriono mengatakan lomba ini akan menjadi agenda tetap tahunan namun pelaksanaanya melihat kondisi mengingat Kabupaten Rembang termasuk daerah yang kesulitan air jika terjadi musim kemarau.

Namun demikian tidak menutup kemungkinan menggunakan tempat lain yang mempunyai kapasitas air yang cukup seperti Embung lodan, Embung Panohan atau Embung Banyu Kuwung untuk menyelenggarakan lomba serupa di kemudian hari.

“Event ini akan ditingkatkan juga sasarannya, terutama untuk mencari bibit atlit kita selenggarakan lomba tingkat pelajar,” kata Heriono yang juga merupakan Camat Sumber itu.

Sementara itu, lomba dayung baru kali pertama digelar ini memperebutkan hadiah senilai total Rp4,5juta. Hadiah tersebut terbagi masing-masing dua juta rupiah untuk juara pertama, Rp1,5juta untuk juara kedua, dan satu juta rupiah untuk pemenang ketiga. Setiap tim dayung diperkuat 12 orang terdiri dari pemandu, penabuh, dan pendayung.

Keluar sebagai juara pertama dari Instansi MAN Lasem disusul PD BPR BKK Lasem sebagai juara II dan SMK Muhammadiyah Rembang juara III. Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rembang, Sanuri menuturkan panitia tidak terlalu memperketat kriteria anggota tim peserta. Banyak instansi yang mengajak warga dari luar. Hal itu diperbolehkan, karena event Rembang Boat Race Bupati Cup lebih bertujuan untuk mengenalkan cabang olahraga dayung kepada masyarakat luas.

Last modified on Saturday, 04 January 2014 11:52
Rate this item
(1 Vote)
Leave a comment

BERITA TERBARU